Bhineka Tunggal Ika? Masih dan terus dunk..

Masih teringat pemberitaan di telivisi dan surat kabar mengenai pencabutan IMB suatu tempat ibadah di Bogor, dimana salah satu alasannya adalah nama jalan yang karena identik dengan salah satu agama sehingga tidak boleh dibangun tempat ibadah dari agama lain di sepanjang jalan tersebut. Itu baru nama jalan, bagaimana jika dibangun bersebelahan. Agama seperti menjadi suatu hal yang sensitif.

Pemandangan lain justru saya lihat ketika saya melakukan perjalanan dinas ke Sulawesi, ke salah satu Unit Bisnis perusahaan tempat saya bekerja. Di kompleks perumahan milik perusahaan tempat saya bekerja tersebut berdiri 4 tempat ibadah dari agama yang berbeda yang jaraknya berdekatan satu sama lain (cukup menghentakan kaki “beberapa” langkah). Ya, masjid, gereja protestan, pura, dan gereja katholik bersahabat. Hati saya bersukacita dan menjadi tenang. Tidak seperti pemberitaan yang sering saya dengar, lagi-lagi saya mendapatkan bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berusaha terus menghargai keberagamannya.

Berikut adalah gambar yang sempat saya abadikan :

Masjid Jami Nurul Iman

Gereja Protestan Sultra (Gepsultra)

Pura Giri Bhuwana

Gereja Katholik

Iklan
    • den bowo
    • Maret 26th, 2012

    Iya mase, mungkin akirnya agama lah yg bikin sebagian dari mereka perang, gelut, bersitegang satu sama lain.. Tp apapun itu, semoga kita tetep beragama, buat pegangan idup untuk sampe ke satu tempat yg kita impiin… Sik penting ojo jotos jotosan (sendikanipun eyang kirun)

    Salam pomalaa 🙂

    • Ho-oh mase.. masing-masing kita percaya en menjalankan keyakinan masing-masing, dengan tetap menghargai keberagaman/perbedaan yang ada..
      Yen ngono, Indonesia pasti ayem tentrem loh jinawi.. hehe.. 🙂

    • Resi 27
    • April 24th, 2014

    salam kenal masbro.
    ini pomalaa kan?
    membaca bagian ini, keren jg bsa dideskripsikan sampai semenarik ini, trus terang sja sya yg udah lama tinggal didaerah ini, gg kepikiran kalau letak Rumah Ibadahnya bsa dijadikan tulisan yg menarik dan bermakna persatuan srta mrangkul perbedaan.
    good job, Gbu

    • halo.. salam kenal resi..
      wah, sudah lama tinggal di sana ya?
      di daerah mana tepatnya?

    • Resi 27
    • Februari 19th, 2015

    ia.. sya tinggal didpan lapangan sepak bola (jl.durian), hahaha (maklum pemain sepak bola junior). sya dri lahir smpai tamat SMP dipomalaa mas…hahahah lama kan. pas SMA merantau kemakssar, nah skrng kuliah dibandung (Telkom).
    oia ngemeng2 lgi sibuk apa nih mas, kerja atau lanjutin kuliah?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: