Gajah Duduk Mulai Belajar Berdiri..

Mungkin gajah ganesha kena ambeyen kali ya sehingga sudah tidak nyaman lagi untuk duduk terus. Sudah 3 tahun ini saya meninggalkan kampus ganesha dan ternyata banyak hal yang tidak saya ikuti perkembangannya. Teringat akan rencana pengembangan kampus ITB di Bekasi, ternyata yang menjadi mimpi ITB lebih jauh dari itu. ITB punya mimpi menjadi ITB Multi Kampus. Kalau kita coba intip di website Direktorat Pengembangan ITB, di sana tertampang uraian singkat mengenai ITB Multi Kampus. ITB Jatinangor, ITB Bekasi, dan ITB Malaysia merupakan gambaran akan ITB Multi Kampus. Berikut sedikit gambaran yang coba saya kutip dari website Direktorat Pengembangan ITB, website ITB, dan sumber lain :

  1. ITB Jatinangor. Dikatakan bahwa ITB telah menggelontorkan biaya hingga 1 triliun rupiah untuk pembangunan fisik kampus ITB Jatinangor dengan menyiapkan sarana jalan, laboratorium, renovasi-revitalisasi asrama dan laboratorium lama, membangun pagar, dan lain sebagainya. Diperkirakan, asrama dapat menampung hingga 500-an mahasiswa baru. Namun, pada tingkat kedua mahasiswa harus berbaur dengan masyarakat. Lokasi kampus ITB Jatinangor berdiri di atas tanah seluas 47 hektar yang merupakan tanah bekas kampus Universitas Winaya Mukti. Diklaim proses pembangunan ITB Jatinangor menerapkan prinsip eco-campus dimana hanya menggunakan 20% dari total lahan untuk bangunan dan sisanya digunakan untuk konservasi lahan hijau. Prinsip ini termasuk memperhatikan kebutuhan drainase yang baik dengan menganut prinsip zer-delta-cue, sehingga tidak ada air hujan yang terbuang. Sementara, air permukaan akan dimanfaatkan untuk kebutuhan kampus.
  2. ITB Bekasi. Masterplan Pengembangan Kampus Riset Industri ITB merupakan manifestasi dari misi pembangunan multi kampus ITB yang dilaksanakan berdasarkan kerjasama antara ITB dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Lahan yang dijadikan sebagai lokasi kampus merupakan hibah dalam bentuk hak penggunaan lahan permanen. Kampus riset industri akan dibangun bersinergi dengan penelitian terapan dan proses inovasi industri yang secara bersamaan akan meningkatkan jumlah SDM yang akan berperan penting bagi kepentingan nasional maupun Kabupaten Bekasi. Penelitian pengembangan kampus ITB industri akan berlangsung pada salah satu bagian dari Kota Baru Delta Mas dengan luas tanah 40 hektar. Lokasi kampus strategis dan terletak di antara kawasan industri terbesar di Bekasi dan koridor Karawang-Purwakarta serta berada diantara Jakarta dan Bandung. Lokasi ini juga berdekatan dengan Central Business District dari Kota Baru Delta Mas yang akan dikembangkan di masa depan sebagai area gedung perkantoran bertingkat tinggi dan fasilitas lain yang didukung oleh area komersial.
  3. ITB Malaysia. Rencana pengembangan Kampus ITB di Malaysia berawal dari tawaran pemerintah Malaysia untuk membangun Kampus/Fakultas di Malaysia. Telah dilakukan pertemuan dengan Dirjen Dikti Malaysia di Gedung CCAR ITB. Tujuan kedatangannya adalah mengundang ITB untuk menyelenggarakan kegiatan akademik di Malaysia. Lokasi yang telah disediakan terletak di Pagoh, Johor Baru 180 km dari Kuala Lumpur seluas 4000 acre atau sekitar 16 hektar. Untuk pembangunan kampus dan infrastruktur kampus telah ditunjuk Sime Darby, sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam bidang perkebunan, properti, industri, motor dan energi dan utilitas sebagai pelaksana. Pendidikan dilaksanakan dengan sistem otonomi penuh oleh ITB tanpa ada campur tangan Pemerintah Malaysia. Dengan target mahasiswa antarbangsa (China, Malaysia, Middle East, dsb) dan pendidikan akan mencakup tahap sarjana dan pasca sarjana.

Yaa, itulah informasi mengenai rencana pengembangan kampus ITB. Apapun itu, saya tetap memandang positif. Besar harapannya pendidikan Indonesia terus maju dan bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Kita lihat dan kita doakan bersama. J

Sumber-sumber :

http://ditbang.itb.ac.id/

http://www.itb.ac.id/

http://kampus.okezone.com/

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: